Sabtu, 18 Januari 2014

Jika aku menjadi akuntan publik

   Jika saya menjadi seorang akuntan publik maka saya akan menjalankan tugas saya dengan baik dan benar. Saya akan mematuhi etika yang telah dimiliki oleh seorang akuntan yaitu :
·         Tanggung jawab , mampu bertanggung jawab terhadap pemakai jasa ( klien ) dan harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam menjalnkan tugas dan mampu menjaga hubungan kerjasama dengan klien dan selalu memelihara kepercayaan masyarakat.
·         Kerahasiaan, yaitu seorang auditor tidak boleh membocorkan atau memberi informasi kepada orang lain, kecuali jika memberikan informasi kepada orang yang mempunyai kepentingan
·         Profesional Seorang profesional harus konsisten dalam berprilaku, ber-reputasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan profesi.
Saya akan mempelajari dan menambah wawasan saya yaitu mengikuti pelatihan maupun kegiatan lain yang terkait dengan audit. Dan jika saya menjadi seorang audit saya menerapkan prinsip yang telah saya sebutkan.
Berikut ini merupakan hal yang akan saya lakukan terkait dengan faktor yang mempengaruhi harapan publik :
         1.         Dalam hal moral : saya akan mematuhi etika yang ada dan menjadikan landasan etika tersebut sebagai landasan saya dalam melaksanakan pekerjaan saya. Bersikap profesional dan tanggung jawab terhadap tugas saya.
         2.         Dalam hal akuntabilitas : tidak akan melakukan manipulasi data terhadap laporan audit yang sudah saya buat, jujur terhadap pihak –pihak yang bersangkutan.
         3.         Dalam hal ekonomi : tidak memberikan pemalsuan transaki terhadap laporan keuangan
         4.         Dalam hal persaingan : dalam hal ini saya akan bersaing secara sehat terhadap auditor yang ada. Tidak terpengaruh terhadap peraturan yang menyimpang yang akan merugikan terhadap diri sendiri maupun klien yang saya tangani
         5.         Dalam hal aktivis pemangku kepentingan : meyakinkan klien saya bahwa saya adalah seorang auditor yang profesional dan dapat menjalankan tugas saya dengan transparan.
         6.         Dalam hal fisik : zaman sudah semakin canggih maka saya akan menggunakan media yang ada seperti: laptop dan notebook untuk mempresentasikan apa yang sudah saya kerjakan dan saya akan menggunakan email dan lain sebagainya jika klien saya meminta untuk bukti dan saya berusaha meminimalisasikan penggunaan kertas.
 Sumber http://www.iapi.or.id/iapi/berita_iapi/berita_iapi/peran_penting_profesi_akuntan_publik_dalam_perekonomian_nasional.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar