Senin, 03 Oktober 2011

Organisasi dan Manajemen

Organisasi dan Manajemen

Menurut Hanel :
• Suatu sistem sosial ekonomi atau sosial tehnik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan
• Sub sistem koperasi :

• individu (pemilik dan konsumen akhir)
• Pengusaha Perorangan/kelompok ( pemasok /supplier)
• Badan Usaha yang melayani anggota dan masyarakat

Menurut Ropke :
• Identifikasi Ciri Khusus

• Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
• Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
• Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
• Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)


Di Indonesia :
• Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas
•Rapat Anggota,
• Wadah anggota untuk mengambil keputusan
• Pemegang Kekuasaan Tertinggi, dengan tugas :

• Penetapan Anggaran Dasar
• Kebijaksanaan Umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi)
• Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus
• Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan sertapengesahan Laporan Keuangan
• Pengesahan pertanggung jawaban
• Pembagian SHU
• Penggabungan, pendirian dan peleburan

HIRARKI TANGGUNG JAWAB

1. Pengurus

• Tugas :
• mengelola koperasi dan usahanya
• mengajukan rancangan rencana kerja, budget, dan belanja koperasi
• menyelenggarakan rapat anggota
• mengajukan laporan keuangan & pertanggungjawaban
• maintenance daftar anggota dan pengurus
• Wewenang
• mewakili koperasi didalam & luar pengadilan
• meningkatkan peran koperasi
2. Pengurus
• perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melkukan pengawasan terhadap jalannya organisasi & usaha koperasi
• UU 25 Th. 1992 pasal 39
• bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
• berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlukan
3. Pengelola
• karyawan / pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus
• untuk mengembangkan usaha dengan efisien & profesional
• hubungan dengan pengurus yang bersifat kontrak kerja
• diangkat & diberhentikan oleh pengurus


3. POLA MANAJEMEN
• menggunakan gaya manajemen yang partisipatif
• terdapat pola job description pada setiap unsur dalam koperasi
• setiap unsur memiliki ruang lingkup keputusan yang berbeda ( desicion area )
• seluruh unsur memiliki ruang lingkup keputusan yang sama ( shared decision areas )
sumber : http://www.slideshare.net/hhh_fam/organisasi-koperasi-iii

http://clipmart.blogspot.com/2010/12/organisasi-dan-manajemen-koperasi.html
http://www.tikadianpertiwi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar